Posted by : Unknown Wednesday, January 15, 2014

Gigi Manusia – Sahabat , pada kesempatan kali ini Pustaka Sekolah akan share atau berbagi mengenai Artikel Pendidikan yang membahas tentang Gigi Manusia. Gigi atau dentis merupakan organ terpenting mahluk hidup termasuk manusia. Gigi adalah
Macam gigi yang dimiliki manusia adalah gigi seri atau incicivus dengan simbol I, gigi taring atau canicus dengan simbol C, gigi geraham pertama atau premolar dengan simbol P dan gigi geraham tetap atau molar dengan simbol M. Lalu kemudian timbul pertanyaan, terdiri atas apakah sajakah gigi itu ?.
anatomi gigi
Gigi terdiri atas dua bagian, yakni mahkota gigi atau koroa dan akar gigi atau radiks. Bagian terluar mahkota gigi dilapisi oleh email (bukan email internet lho? :D ), email ini juga disebut dengan glazur atau enamel. Di bagian dalam email, terdapat tulang gigi atau dentin dan pada bagian yang paling dalam terdapat sumsum gigi atau biasa juga disebut pulpa.
Pada sumsum gigi atau pulpa terdapat kapiler, arteri, vena dan saraf. Bagian terluar akar gigi tidak memiliki email, tetapi memiliki semen. Bagian akar gigi tertanam dalam tulang rahang yang ditutupi oleh gusi atau ginggiva.


Gigi manusia mulai tumbuh pada umur 6 bulan. Gigi yang pertama dinamakan gigi susu atau dens lakteus. setelah itu akan tumbuh gigi sulung atau dens desidui pada usia 6 tahun, gigi anak aka berjumlah 20 buah gigi yang terdiri dari 8 gigi seri, 4 gigi taring dan 8 gigi geraham kecil, gigi seri berfungsi memotong makanan sedangkan gigi taring berfungsi menyobek makanan. Setelah itu sejak usia 6 tahun sampai 14 tahun gigi mulai tanggal dan selanjutnya diganti oleh gigi tetap yang jumlahnya sama dengan gigi sulung ditambah dengan 12 buah gigi geraham besar.
Rumus Gigi Manusia
Berikut ini rumus jumlah gigi manusia:
rumus gigi
Keterangan:
  • Gigi Seri: I
  • gigi taring: C
  • gigi geraham depan: P
  • gigi geraham belakang: M
Manfaat Gigi Manusia
Fungsi tau manfaat Gigi adalah untuk melembutkan atau mencernakan makanan secara mekanik sebagai estetika atau keindahan dan kelancaran berbicara.
Demikianlah artikel pendidikan Pustaka sekolah yang membahas mengenai topik gigi manusia, semoga artikel ini tentunya dapat memerikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[ps]

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

Blogger templates

Pages

About Me

Followers

Powered by Blogger.

Translate

- Copyright © DZ Hendy -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -